Kamis, 06 Desember 2012

At-Thariq ilal Quluub - Bagaimana Menyentuh Hati [1]

Bismillahirahmanirahim ^^

Segala puji yang hanya kepada sang Rabb Yang Maha Segala, shalawat serta salam senantiasa untuk Rasulullah saw, para sahabat-sahabatnya, para keluarganya, para tabi'in, dan sampai kita umatnya yang semoga Rasulullah saw mengakui kita sebagai umatnya. Aamiin ^^

Disini, mengangkat tema dengan - At-Thariq ilal Quluub -.
Apa sih At-Thariq ilal Quluub itu ? Artinya bagaimana menyentuh hati ^^.
Menyentuh hatinya siapa yang dimaksud ? Yang dimaksud adalah menyentuh hati objek-objek dakwah. Apa hanya objek-objek dakwah saja ? Objek-objek dakwah disini diartikan luas untuk siapapun, bisa jadi diri-sendiri adalah objek dakwah tersebut.

Mengapa mengangkat tema ini ? Berpikir hati susah sekali apabila disentuh untuk merasakan kebaikan yang sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah, apalagi disentuhkan pada kebaikan. Rasanya hati dikendarai oleh hawa nafsu.

Tema ini ditulis dan disampaikan oleh orang Mesir yang bernama Abbas As-Sirii. Beliau ingin kehidupan dunia ini diisi oleh orang-orang yang melakukan kegiatan hidup di dunia sesuai Al-Qur'an dan As-Sunnah. Maka ditulislah dan disampaikan bagi semua para pejuang dakwah untuk mengetahui cara bagaimana menyentuh hati objek-objek dakwah.

Ingatkah Q.S Al-Ashr : 1-3, bahwasannya kita sangatlah dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, yang saling menasehati dalam kebenaran dan menasehati dalam kesabaran.
Nah, ini yang harus kita jadikan sandaran hidup, bahwa kita termasuk objek dakwah yang menerima nasehat dalam kebenaran dan kesabaran tersebut, tak lupa pula kita perlu menjadi subjek dakwah yang memberikan nasehat dalam kebenaran dan kesabaran.

ALLAH berfiman dalam Q.S Ali-Imran : 200 ^^
"Wahai orang-orang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian
dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertaqwalah kalian kepada
Allah supaya kalian beruntung." (Ali Imran: 200)

Maka janji ALLAH adalah benar dan pasti. Niatkan segala sesuatunya hanya kepada ALLAH semata. Jangan menduakannya apalagi mempersekutukanNya. Maka azabNya sangatlah pedih.
Hati manusia hanya ALLAH yang menguasai dan membolak-balikkan. Maka yang berhak mengubah seseorang hanyalah ALLAH bukan manusia, bukanlah subjek dakwah. Sebagai subjek dakwah ingatlah lakukan dakwah dengan menyentuh hatinya, bagaimana caranya ?

Rasulullah saw telah mengajarkan metode dakwah dengan mudah dan tepat. Yang mencakup segala segi kehidupan, sehingga melakukan dakwah dengan menyampaikan dakwah dengan bergaul, mengajak mereka dengan kebenaran, dan bersabar dalam gangguan.
Allah swt. berfirman,
"Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih dan berkata, 'Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?' Tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang di antaramu dan dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang setia." (Fushilat: 33-34) ^^


Cara termudah untuk berdakwah agar dapat menyentuh hati objek dakwah adalah dengan senyum. Mengapa ? Rasulullah saw merupakan sosok yang mudah sekali memberikan senyum, sehingga sekitar lingkungannya merasa aman dan nyaman di deketnya. Ini salah satunya, dengan senyum selain sedekah juga bernilai dakwah. Bahwa objek dakwah akan mudah kita dakwahi dengan senyuman kita. Apalagi cara-cara yang lain untuk menyentuh hati ?

Kita lanjutkan lain waktu yaa ^^
Terapkan misi termudah dahulu untuk menyentuh hati objek dakwahmu.
Cont . At-Thariq ilal Quluub - Bagaimana Menyentuh Hati [2]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar